Wakil Bupati Bangka Buka Acara Penyerahan SKK 60 Mil dan Sertifikat BST KLM untuk Nelayan

Ibnuwasisto
Wakil Bupati Bangka Buka Acara Penyerahan SKK 60 Mil dan Sertifikat BST KLM untuk Nelayan
Wakil Bupati Bangka Syahbudin Sip saat memberikan SKK 60 mil dan sertifikat BST KLM kepada nelayan di Gedung Balai Pertemuan Nelayan PPN Sungailiat Bangka, Kamis (20/2/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Wakil Bupati Bangka Syahbudin Sip menghadiri dan sekaligus membuka acara penyerahan SKK 60 mil dan sertifikat basic safety training (BST) kapal layar motor (KLM) kepada nelayan PPN Sungailiat di Gedung Balai Pertemuan Nelayan PPN Sungailiat Kecamatan Bangka, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri dari Direktur Pelabuhan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kepala PPN Sungailiat, Kepala KSOP Pangkal Balam, Loka Monitor Pangkalpinang, Kepala SMK Negeri 4 Pelayaran dan peserta sosialisasi keselamatan awak kapal perikanan dan pencegahan tubrukan di laut.

Syahbudin dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Bangka memberikan apresiasi kepada Kepala Syahbandar otoritas Pangkal Balam dan kepada PPN Sungailiat yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Pengembangan dalam sektor perikanan tidak hanya terpaku pada insfratruktur saja tetapi kualitas sumber daya manusia khususnya para nelayan juga harus ditingkatkan. Pelatihan SKK juga merupakan pembekalan bagi para nahkoda kapal tentang penerapan hukum laut dan juga keselamatan pelayaran," ujarnya.

Menurutnya, nahkoda mempunyai tanggung jawab penuh terhadap kapal dan muatan yang ada didalamnya selama melakukan pelayaran dan penangkapan ikan.

"Kami selaku pemerintah daerah berharap hendaknya sertifikat yang nanti didapatkan tersebut dapat digunakan sebagai bekal untuk membangun masa depan yang lebih baik," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review