Wakil Bupati Bangka Sambangi Rumah Korban Robohnya Tower Telekomunikasi

kasmirudin
Wakil Bupati Bangka Sambangi Rumah Korban Robohnya Tower Telekomunikasi
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin didampingi oleh kasat Pol PP Kabupaten Bangka, kepala Dinas Kominfo dan kepala Dinas PU, saat mengunjungi kediaman Mirza, korban robohnya tower BTS yang mengakibatkan rumahnya rusak parah, Kamis (18/7/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Wakil Bupati Bangka Syahbudin S.Ip mengunjungi kediaman Mirza yang rumahnya rusak akibat tertimpa tiang tower Base Transceiver Station (BTS) milik PT. Daya Mitra Telekomunikasi di Jalan Nangnung Tengah RT. 04 Sungailiat, Kamis (18/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan, jika kunjungannya pagi ini untuk melakukan peninjauan dan melihat langsung kerusakan rumah yang disebabkan karena kejadian robohnya tower telekomunikasi beberapa waktu lalu. Selain melakukan peninjauan lokasi, wabup juga memberikan bantuan kepada pihak korban melalui program Semari Pemkab Bangka.

 "Ternyata kondisi rumah Mirza rusaknya sangat parah dan sudah tidak layak untuk dihuni lagi. Karena seluruh atapnya jebol dan temboknya bisa sewaktu-waktu bisa runtuh. Yang jelas kondisinya sangat parah," jelas Syahbudin.

Syahbudin sangat mengeluhkan peristiwa seperti ini harus terjadi, apalagi tiang tower tersebut dibangun di area pemukiman padat penduduk. Pihaknya mempertanyakan kenapa tower tersebut bisa didirikan di wilayah tersebut. Sehingga kedepannya pihak Pemkab Bangka melalui dinas terkait akan lebih selektif lagi dalam memberikan izin mendirikan tower.

"Kita akan mendesak pihak yang bersangkutan untuk secepatnya melakukan proses renovasi rumah tersebut. Supaya pemilik rumah dapat segera mungkin bisa menempati rumahnya seperti semula," tegasnya.

Dia berharap PT. Daya Mitra Telwkomunikasi selaku pemilik tower dapat dengan segera untuk menunjukkan etikat baiknya guna memberikan pertanggungjawaban akan kejadian tersebut.

"Saya akan benar-benar memastikan langkah selanjutnya, yang akan dilakukan oleh pemilik tower untuk memberikan ganti rugi kepada pihak korban. Kita akan terus awasi proses ini sampai selesai," ungkap wabup.

Disinggung terkait pemberian ijin pendirian tower itu kembali, Syahbudin menegaskan tidak akan memberikan ijin kembali. Tetapi pihaknya akan menyerahkan kepada pihak terkait terlebih dahulu supaya dapat meninjau ulang dari segi keselamatan.

“Dengan melihat letak didirikannya tower tersebut sudah sangat jelas menyalahi aturan, kedepan kita akan pastikan kejadian seperti ini jangan sampai terulang lagi. Untuk pemberian sanksi serahkan saja ke proses hukum, karena dikasus ini diduga ada unsur kelalaian dari pihak pemilik tower," tukasnya.

Pada kegiatan peninjauan tersebut wakil bupati didampingi oleh kasat Pol PP Kabupaten Bangka, kepala Dinas Kominfo dan kepala Dinas PU. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review