Wakil Bupati Bangka Serahkan Langsung BLT-DD di 3 Desa, 3 Kecamatan

Ibnuwasisto
Wakil Bupati Bangka Serahkan Langsung BLT-DD di 3 Desa, 3 Kecamatan
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip saat menyerahkan BLT-DD kepada warga di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Jum'at (8/5/2020). (Foto.Ist)

09:06:41SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bangka secara serentak menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang diperoleh dari pemerintah pusat untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 di 62 Desa di 8 Kecamatan, Jum'at (8/5/2020).

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai ke masyarakat yang berhak menerimanya. Pada kesempatan ini Wakil Bupati Bangka menyerahkan di Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Desa Silip Kecamatan Riau Silip dan Desa Riding Kecamatan Belinyu.

Dan pada waktu yang sama bantuan BLT-DD juga diserahkan oleh Bupati Bangka Mulkan SH MH di 5 Kecamatan.

Bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) adalah bantuan pemerintah pusat untuk warga miskin yang terdampak Covid-19 yang dianggarkan dari dana desa. Dimana telah diatur dalam Permendes PDTT nomor 6 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Dan BLT-DD ini diperuntukkan untuk warga miskin yang terdampak Covid-19 diluar dari PKH, BPNT, BDT yang di bawah Kemensos atau Dinsos. Untuk BLT ini akan disalurkan secara bertahap dari bulan April sampai Juni 2020, setiap keluarga miskin akan menerima bantuan sebesar Rp. 600.000 setiap bulannya.

Syahbudin menjelaskan untuk di di Desa Rebo ada 151 KK yang menerima bantuan, di Desa Silip 61 KK dan di Desa Riding sebanyak 172 KK.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini berdampak sosial, ekonomi yang sangat dirasakan oleh masyarakat. Bagi yang tidak mempunyai penghasilan atau gaji bulanan tetap harus bisa memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah himbauan dari pemerintah agar tetap berada di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Oleh karena itu, pemerintah pusat dalam hal ini Kemendes PDTT melalui pemerintah Kabupaten Bangka yaitu Dinsospemdes menyalurkan BLT-DD untuk bulan April 2020. Sedangkan untuk bulan Mei akan di salurkan pada H-9 atau H-10 Idul Fitri dan untuk bulan Juni akan disalurkan di bulan Juni. BLT-DD ini disalurkan setelah melalui pendataan yang benar-benar akurat dari Pemdes," tegasnya.

Wakil Bupati Bangka berharap BLT-DD yang disalurkan ini kiranya dapat cepat dan tepat sasaran, tentunya hal itu harus didukung dengan data yang valid. Penyaluran BLT-DD harus transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku, agar dikemudian hari tidak ditemukan perbuatan melawan hukum dalam proses penyaluran BLT-DD.

"Semoga apa yang telah diperbuat oleh pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 ini di ridhoi oleh Allah SWT dan menjadi ladang amal pahala di akhirat. Dan saya berharap semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, tetap lakukan protokol kesehatan agar kita semua selalu dalam keadaan sehat terhindar dari virus Covid-19," ucapnya.

Turut mendampingi Wakil Bupati Bangka, Asisten II, Kadin Perindag Kadin Pertanian, Kadin Pariwisata, Kadin Kominfotik, Tim Dinpemdes, Camat, Kades, Satpol PP, Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Kasi Datum Kejaksaan Negeri Sungailiat, Polres Bangka dan TNI.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review