Wali Kota Pangkalpinang Imbau Warga Perantau tidak Mudik

kasmirudin
Wali Kota Pangkalpinang Imbau Warga Perantau tidak Mudik
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Foto: Gusti)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi membuka kembali jalur  Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (19/4/2020) kemarin.

Dibukanya akses pelabuhan tersebut, membuat Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil angkat bicara.

"Kejadian yang di Muntok kemarin bikin kami stres. Kemarin satu harinya 50 orang yang masuk ke Pangkalpinang, dengan kondisi itu kami melakukan rapid test semuanya. Alhamdulillah negatif, tapi capek kalau seperti ini terus," ujar Molen sapaan akrabnya., Senin (20/4/2020).

Molen mengatakan, secara nasional masyarakat sudah diimbau agar tidak mudik, demi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Coba bayangkan alat rapid test Kota Pangkalpinang terbatas, dengan orang yang pulang kemarin 50 orang. Coba satu saja yang terpapar, berapa habis dana kita? Oleh sebab itu yuk semuanya pengertian, untuk mengunci mata rantai penyebaran covid-19 ini harus ada yang dikorbankan," ucap Molen.

Dengan adanya kejadian tersebut Molen mengimbau, masyarakat agar tidak mudik untuk sementara waktu ini, guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Memang 50 orang yang pulang kemarin tersebut dinyatakan negatif, tetapi ditakutkan pihaknya ada Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjadi Carrier (pembawa) bagi orang lain," tukasnya.

Menurut Molen, jika masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik, dalam waktu dekat pandemi Covid-19 bisa selesai.

"Insya Allah kalau kita mengikuti anjuran dari pemerintah pusat untuk tidak mudik akhir Mei selesai pandemi ini, kalau tidak diikuti tidak akan selesai," tutupnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir

Sumber : Babel Review