Waspada! Pemakaian Narkoba di Babel Terus Meningkat

Admin
Waspada! Pemakaian Narkoba di Babel Terus Meningkat
Ilustrasi foto : Net/IST

BANGKA,  BABELREVIEW --Penyalahgunaan narkoba (narkotika dan obat atau bahan berbahaya) di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam  tahap memperihatinkan. Pasalnya dari waktu ke waktu jumlah kasus pemakaian Narkoba ini  terus meningkat.  

 
Untuk  mencegah dan menanggulangi penyalahgunaan narkoba ini, penegak hukum tidak bisa bekerja sendiri. Masyarakat harus ikut andil perperan; dan   bersama lembaga penegakkan hukum  berada di lini terdepan. 


Direktur Reserse Narkoba Polda Babel Kombes Pol Suhirman SIK MSi mengemukakan jumlah penyalahgunaan narkoba  meningkat dari tahun ke tahun.  Bila pada tahun 2015  terdapat  224 kasus, tahun berikutnya,  2016 dan 2017,  telah naik menjadi 256 dan 298 kasus. 


“Bahkan,  hingga Maret tahun 2018 ini saja, di Bangka Belitung ini   sudah terdapat 121 kasus penyalahgunaan narkoba!,” tegas   Suhirman di Ruang Vikon Fakultas Hukum UBB, Kampus Terpadu UBB,  Balinijuk, Selasa (03/04/2018). 


Suhirman tampil sebagai salah satu dari tiga  pembicara utama dalam kuliah umum bertajuk  ‘Meningkatkan Kesadaran Hukum  dalam Berbangsa, Bernegara dan Bermasyarakat Demi Tercapainya Kehamonisan’. 


Pembicara lainnya Edi Ermawan SH MH (Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Babel) yang  membahas tajuk ‘Peran Kejaksaan dalam Penanggulangan Tindak Pidana Khusus’, dan Didiek Budi Utomo  SH (Hakim Pengadilan Tinggi Babel) mengupas judul ‘Peradilan Anak Konsep Diversi Restorative Justice’. 


Kuliah umum  dibuka Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi,  dihadiri Wakil Rektor II UBB Prof Dr Agus Hartoko MSc, Dekan Fakultas Hukum (FH)  Syamsul Hadi SH MH dan puluhan mahasiswa FH ini, disiarkan langsung melalui video conference (vicon) melalui kerjasama  dengan Mahkamah Konstitusi (MK).  Vicon  disaksikan 45 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia. (Kusuma) 


Penulis :Kusuma
Editor   :Kusuma
Sumber :Babelreview