WCD Babel Gelar Aksi Bersih Sampah pada 21 September 2019

kasmirudin
WCD Babel Gelar Aksi Bersih Sampah pada 21 September 2019
Komunitas World Clenup Day (WCD) Bangka Belitung saat menggelar aksi bersih-bersih di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. (Foto: Dok)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Komunitas World Clenup Day (WCD) Bangka Belitung pada 21 September 2019 mendatang, akan menggelar aksi bersih-bersih sampah di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua World Cleanup Day Babel, Mochammad Rendy, saat dikonfrimasi Babel Review, Sabtu (3/8/2019).

"Untuk titik yang terbesar dari WCD ini ada di Pangkal Pinang dan Toboali. Kegiatan bersih sampah ini dilaksanakan serentak seluruh dunia, jadi Indonesia juga ikut. Untuk Provinsi Babel kita timnya anggota komunitas WCD, " kata Rendy.

Dikatakan Rendy, saat ini  WCD Babel sedang mengajak masyarakat untuk memetakan tumpukan sampah, dengan cara mengirim foto dan lokasi sampah tersebut.

"Dan ini salah satu kegiatan yang namanya mapping, untuk menentukan lokasi yang sangat banyak tumpukan sampah. Nanti pas pada tanggal 21 September nanti, itu dibersihkan serentak oleh para volunteer bersama warga sekitar," terangnya.

Rendy mengatakan, saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak pemerintah untuk meminta arahan serta dukungan.

"Untuk sekarang masih usaha untuk memasukan proposal kegiatan ini ke dinas-dinas. Kami juga meminta Pemkot Pangkal Pinang, agar nantinya kalau bisa dibuat juga kebijakan sampah di Kota Pangkal Pinang," jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk sadar dan menerapkan pola hidup sehat dan tidak membuang sampah sembarangan.

 "Apalagi kalau ada sampah di kawasan pantai, pasti sampah menuju ke laut jadi microplastic yang dibuang tadi dimakan ikan. Kemudian ikan itu lah nanti yang kita makan. Untuk pihak sekolah mari ajarkan para siswa budayakan bawa botol minum sendiri,  jadi kalau jajan tidak perlu pakai plastik," imbaunya. (BBR)


Penulis  : Gusti   
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review