Wisata Instagenic Babel, Taman Bunga Matahari di Kampoeng Reklamasi PT. Timah

kasmirudin
Wisata Instagenic Babel, Taman Bunga Matahari di Kampoeng Reklamasi PT. Timah
Taman Bunga Matahari di Kampoeng Reklamasi PT. Timah tak hanya disukai kaum hawa saja, juga disukai kaum adam yang menjadikannya sebagai lokasi untuk berswafoto. (Foto: Fierly)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID – Bagi masyarakat Bangka Belitung khususnya kawula muda, saat ini ada salah satu spot wisata baru  yang ciamik. Jika biasanya pantai menjadi lokasi wisata favorit di Bangka Belitung, kini ada Taman Bunga Matahari yang belakangan ini sedang hype-hype-nya di kalangan anak muda.

Taman Bunga Matahari ini merupakan salah satu sisi lain cara reklamasi terpadu kawasan eks tambang timah oleh PT. Timah yang bernilai ekonomis. Terletak di Dusun Air Dayung, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, yang selanjutnya disebut Kampoeng Reklamasi ini, kini telah menjadi tujuan Favorit bagi mereka yang berburu foto cantik untuk menambah koleksi feed Instagram.

Meskipun begitu, Taman Bunga Matahari yang kini digandrungi masyarakat Babel tersebut ternyata masih dalam tahap percobaan. Dimana Bunga Matahari dilihat seperti apa pertumbuhannya di kondisi tanah dan cuaca disini.

Hal tersebut dikatakan salah satu tim pengembangan kawasan tersebut, Doni. Mereka berencana membuat taman yang berisikan aneka bunga, salah satunya Bunga Matahari.

"Kita sebenarnya sudah menyediakan lahan untuk Taman Bunga yang nanti terdapat berbagai macam jenis bunga, yang tujuannya juga menjadi tempat wisata. Hanya saja yang saat ini dikunjungi para tamu itu lokasi percobaan kita, disitu kita ingin melihat bagaimana pertumbuhan bunga tersebut dengan kondisi cuaca disini. Gak tahunya malah banyak dikunjungi masyarakat," ujarnya.

Nantinya, jika percobaan sudah selesai dilakukan akan dibuat Taman Bunga yang sesungguhnya, yang nantinya akan menjadi tujuan salah satu wisata kawasan reklamasi PT. Timah dan dibuka untuk umum.

"Sebenarnya untuk saat ini, belum kita buka untuk umum. Namun, antusias masyarakat sangat tinggi. Tapi nantinya setelah diresmikan oleh Kementerian ESDM, akan kita buka untuk umum," ungkapnya.

Tapi jangan khawatir, bagi teman-teman yang ingin berkunjung dapat langsung datang nanti kesana. Ada satpam yang menjaga, yang selanjutnya akan mengarahkan dan menunjukkan lokasinya.

Salah satu pengunjung, Resha mengaku baru tahu adanya lokasi Taman Bunga Matahari melihat postingan di Instagram teman-temannya.

"Tahunya sih dari postingan di Instagram teman, jadi penasaran. Kok bagus ya, jadi kesini deh. Ternyata banyak spot berfoto lainnya disini selain taman tersebut," tuturnya.

Hanya saja ia menyayangkan, jalan akses menuju ke taman itu yang agak sulit. Karena masih melalui tanah kuning, yang tentunya jika di musim hujan membuat jalan tersebut becek dan licin.

"Ini kan bagus banget, apalagi nanti akan dikembangkan lebih banyak lagi spotnya tentu akan banyak tamu atau wisatawan yang berkunjung. Untuk itu saya rasa perlu perbaikan atau pembenahan akses jalan biar enak dilalui," tutupnya.

Tunggu apalagi, yuk nikmati dan ramein spot wisata baru di Kampoeng Reklamasi PT. Timah. (BBR)


Penulis  : Diko 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review