Wisata Menarik di Objek Unik Ngejungak Beltim

Admin
Wisata Menarik di Objek Unik Ngejungak Beltim
Foto: vera Vlesia

Manggar, BABEL REVIEW -- Kabupaten Belitung Timur (Beltim) merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang kaya akan keindahan alam, seni budaya dan sejarah. Selain berwisata ke pantai, ke obyek wisata Laskar Pelangi, Kampong Ahok dan wisata religi, Pemkab Beltim juga mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di salah satu kantor yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Beltim berupa Objek Wisata Unik Ngenjungak (OWUN).

Akses menuju objek wisata ini cukup baik karena berada di kompleks perkantoran terpadu Pemerintah Kabupaten Beltim dengan jarak sekitar 83,5 km dari Bandara Hanandjoedin atau dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan (jalur darat).

Di tempat ini, terdapat beberapa bagian yang dapat dikunjungi, yakni bagian depan, terdapat komoditi utama berupa timah dan lada putih, museum kopi mini  dan hasil ekonomi kreatif masyarakat. Kemudian di bagian tengah terdapat mini zoo yang berisi buaya, kura-kura air tawar dan tarsius. Para pengunjung juga dapat memberikan makan potongan ayam ke buaya yang telah disiapkan pihak dinas.

Lalu bagian belakang terdapat ruang seni dan budaya berupa replika peralatan seni budaya Belitong, juga budaya Makan Bedulang. Makan Bedulang ini maknanya menciptakan rasa kebersamaan dan keakraban saat makan bersama dengan cara penyajian makanannya ditaruh di atas sebuah dulang dengan berbagai menu khas Belitong.

Sedangkan di gedung Tourist Information Center terdapat museum tiga dimensi terkait berbagai tempat wisata menarik di Beltim, termasuk jajanan khas Belitong yakni kopi manggar, sirup jeruk kunci, ikan teri krispi, juga souvenir berupa kaos, gantungan kunci dan produk ekonomi kreatif lainnya.

Di gedung ini banyak wisatawan yang membeli souvenir untuk mereka bawa pulang. Para pengunjung tidak hanya berasal dari Indonesia, namun ada yang datang dari luar negeri. Mereka akan diajak pegawai Disbudpar untuk melihat-lihat koleksi dan spot-spot cantik di kantor ini bahkan tidak sedikit pengunjung yang ingin tahu upaya pihak Disbudpar Beltim menjadikan kantornya menjadi salah satu objek wisata menarik di Pulau Belitung.

Baru-baru ini rombongan DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kabupaten Pati Jawa Tengah sangat apresiasi saat mengunjungi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Rombongan yang datang sebanyak 26 orang menggunakan bus yang terdiri dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pati dan pihak Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati. Mereka disambut  kedatangannya oleh Wakil Bupati Beltim Burhanudin atau yang akrab disapa Aan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Beltim.

Di Disbudpar Beltim, rombongan terlihat sangat antusias melihat beberapa bagian tempat untuk menarik, mulai dari bagian depan, bagian tengah hingga bagian belakang termasuk gedung Tourist Information Center.

Mereka tampak senang dengan ekspresinya masingmasing berfoto di beberapa spot menarik.  “Di kantor ini (disbudpar-red) unik dan bagus. Ini masukan buat kita untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada Kabupaten Pati,” ujar Wakil Ketua DPRD Pati, H.Hardi.

Kunjungan ke Disbudpar Beltim juga banyak diminati anak-anak sekolah di Beltim. Pihak sekolah sering mengajak siswa-siswinya mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA untuk menambah wawasan terhadap berbagai ilmu pengetahuan seni budaya daerah sekaligus menambah pengalaman baru. Begitu juga beberapa waktu yang lalu rombongan mahasiswa yang berasal dari 10 negara mengunjungi OWUN. Kunjungan para mahasiswa tersebut selain memperkenalkan wisata Pulau Belitung, juga menambah pengetahuan mereka tentang pengembangan potensi setiap daerah dan memberikan efek promosi wisata untuk Babel. Promosi yang dilakukan yakni melakukan pengamatan, mendokumentasikan dan mempromosikan wisata Beltim ke negaranya. (BBR)


Penulis :Vera Vlesia
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview