Wow Keren! Selama 18 Tahun Berdiri, Tahun Ini Babel Dapat Opini WTP

kasmirudin
Wow Keren! Selama 18 Tahun Berdiri, Tahun Ini Babel Dapat Opini WTP
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman bersama Wagub Babel Abdul Fatah bersenda gurau dengan Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW – Hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Pemprov Kepulauaan Bangka Belitung (Babel) Tahun Anggaran 2017, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemprov Babel, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Opini WTP ini meningkat dari opini tahun sebelumnya yaitu Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan merupakan opini WTP pertama yang diperoleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Predikat opini WTP yang pertama kali diraih Provinsi Kepulauan Babel ini menjadi prestasi bagi seluruh jajaran Pemprov Babel.

Di bawah kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman dan Wagub Abdul Fatah setahun terakhir ini telah memicu peningkatan dari seluruh lini, antara lain peningkatan kualitas SDM dan kualitas administrasi pemerintahan.

Sejak Negeri Serumpun Sebalai ini lahir, maka penghargaan ini untuk pertama kalinya mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kepulauan Bangka Belitung dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil pemeriksaan atas LKPD Pemprov Babel Tahun Anggaran 2017, disampaikan BPK kepada DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rapat paripurna yang berlangsung hari ini, 31 Mei 2018.

Dalam pidatonya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Arif Agus menyampaikan bahwa meski Pemprov Babel mendapatkan opini WTP, namun menurutnya BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang dimuat dalam temuan atas Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan kepatuhan.

Temuan SPI diantaranya adalah kegiatan penyelesaian draft rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil pada Dinas Kelautan dan Perikanan, pelaporan dan penatausahaan jaminan reklamasi, jaminan kesungguhan dan jaminan pasca tambang. Selain itu, pencatatan aset tetap dan aset lainnya, dan barang milik daerah pada rumah negara KDH dan WKDH.

Temuan kepatuhan diantaranya adalah kelebihan pembayaran belanja pegawai dan belanja barang jasa, dan kekurangan volume pekerjaan fisik jalan, jembatan dan gedung. Namun temuan-temuan tersebut tidak berpengaruh langsung terhadap kewajaran LKPD Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun Anggaran 2017.

"Kita ucapkan selamat kepada Pemprov Babel, yang tahun ini berhasil meraih opini WTP. Tentu keberhasilan ini berkaat kerja sama komponen di lingkungan Pemprov Babel," kata Arif Agus, Kamis, 31 Mei 2018.(BBR)


Penulis :Kusuma
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview