Wujudkan Desa Lubuk Pabrik Sebagai Sentra Holtikultura, Penyuluh Pertanian Bersama Pemdes Fokus Giat Pembinaan Poktan

faisal
Wujudkan Desa Lubuk Pabrik Sebagai Sentra Holtikultura, Penyuluh Pertanian Bersama Pemdes Fokus Giat Pembinaan Poktan
Progress pelaksanaan giat pembinaan kepada Poktan Desa Lubuk Pabrik. (Ist)

LUBUK BESAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk besar terus bersinergi dengan Penyuluh Pertanian guna meningkatkan taraf hidup petani, yang terbaru adalah program Pembinaan Kegiatan Penyuluhan ke Kelompok Tani (Poktan) Desa Lubuk Pabrik. 

Dalam Giat pembinaan kegiatan penyuluhan kepada kelompok Poktan Lubuk Pabrik yang menggunakan dana APBDes 2020 ini peran penyuluh sangatlah vital karena merupakan penggerak kemajuan potensi desa khususnya sektor pertanian. 

Penyuluh Pertanian Desa Lubuk Pabrik, Mizwan mengatakan, melalui APBDes, pihaknya terus terus melakukan pemberdayaan salah satunya dengan memberikan pengetahuan dan inovasi kepada petani tentang teknologi budidaya bawang merah dan cabai merah.

"Bersama pemdes tujuan kita ingin memberikan pengetahuan serta inovasi tentang teknologi pengembangan holtikultura diantaranya cabai dan bawang merah, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan bagi para petani,"ujarnya kepada Babelreview, Senin (22/6/2020). 

Saat ini, dalam permberdayaan tersebut, melalui dua Kelompok tani, pihaknya sedang melaksanakan pengembangan tanaman cabai dan bawang dengan media lahan seluas 2 hektar. 

"Dalam giat pembinaan poktan ini, kita bagikan 1,2 ton bibit bawang merah untuk 1 ha lahan dan 1 ha lahan lainnya untuk cabai,"sebutnya.

Ia mengatakan, dalam pngelolaan ini, penyuluh bersama petani terus memantau secara intensif progress pengembangan karena cuaca sekarang yang sering tidak bersahabat. 

"Bersama pemdes kami berkomitmen untuk terus bersinergi melakukan upaya-upaya inovasi sektor pertanian guna menjadikan Desa Lubuk Pabrik sebagai sentra pengembangan tanaman hortikultura khususnya bawang Merah dan cabai,"pungkasnya.