Yuk Rina Ajak Ibu Rumah Tangga Olah Hasil Laut untuk Tingkatkan Penghasilan

Irwan
Yuk Rina Ajak Ibu Rumah Tangga Olah Hasil Laut untuk Tingkatkan Penghasilan
Rina Tarol

LEPARPONGOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Sebagai daerah kepulauan, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan menyimpan potensi hasil laut yang sangat melimpah.

Rina Tarol, Bakal Calon Bupati Bangka Selatan saat silaturahmi ke Lepar Pongok melihat potensi perikanan ini wajib disyukuri oleh masyarakat.

“Menangkap ikan bukan lagi sebagai mata pencarian masyarakat, melainkan warisan turun temurun yang harus didorong penuh oleh pemerintah. Salah satunya dengan menaikan harga jual ikan serta memberikan alat tangkap yang ramah lingkungan,” sebut Rina.

Dikatakannya, masyarakat Lepar Pongok khususnya yang bekerja sebagai nelayan tentu tak bisa terus menerus hanya menjual hasil laut segar.

“Bisa saja hasil laut diolah terlebih dahulu, seperti membuat ikan asin, rusip, hingga olahan lain. Khususnya hasil laut yang jika dijual langsung itu nilai ekonominya kecil, maka sebaiknya dibuat olahan terlebih dahulu,” katanya.

Perempuan yang akrab dipanggil Yuk Rina ini mengatakan, produksi olahan harus dibantu penuh oleh pemerintah, misalnya memberi bantuan tempat dan alat untuk menjemur ikan hingga bantu memasarkan produk industri rumahan masyarakat Lepar Pongok.

“Jika dengan menangkap ikan kemudian langsung dijual maka yang bekerja hanya laki-laki saja, tapi coba jika hasil tangkapannya diolah maka ada dua sumber pendapatan dalam satu rumah, yakni suaminya yang menjual ikan mentah dan istrinya yang menjual olahan hasil laut yang didapat suaminya,” katanya.

Saat bertanya kepada masyarakat mengenai kendala dalam membuat olahan hasil laut, mayoritas masyarakat mengatakan sulit mencari pasarnya.

“Ini yang mesti dibantu penuh oleh pemerintah. Kita harus percaya diri bahwa kualitas hasil olahan laut kita baik, jangan malu cari pasar baik di dalam daerah maupun di luar daerah. Dengan begitu ekonomi masyarakat Basel benar benar terbantu,” ujarnya. (BBR)