Yumina Bumina Solusi Ketahan Pangan Selama Pandemi Covid-19

Ahada
Yumina Bumina Solusi Ketahan Pangan Selama Pandemi Covid-19
Mahasiswa KKN UBB Jerambah Gantung, melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Yumina Bumina yang Dihadiri oleh Warga setempat serta ibu-ibu PKK, Senin (14/8/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Mahasiswa KKN UBB Jerambah Gantung, melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Yumina Bumina yang Dihadiri oleh Warga setempat serta ibu-ibu PKK supaya termotivasi untuk memanfaatkan lahan yang sempit di rumah-rumah warga, Senin Lalu (14/08/2020).
Sebagai pemateri, di undang dua dosen UBB yang mumpuni di bidangnya yaitu Dr. robin S.Pi, M.Si dan Herry Marta Saputra S.Pi, M.Si. kegiatan ini merupakan realisasi dari salah satu program kerja divisi lingkungan.
Nadya indah pusvita, salah satu anggota KKN UBB Jerambah gantung mengatakan Kegiatan sosisalisasi ini merupakan salah satu pengabdian ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dan dilakukan dalam rangkaian program kerja tim KKN UBB Jerambah Gantung.
“ilmunya memang saya dapatkan di bangku kuliah, alhamdulillah dengan adanya kegiatan sosialisasi ini ilmunya bisa tersalurkan. Yumina Bumina itu  teknologi budidaya yang mengkombinasikan pemeliharaan ikan dengan tanaman dirancang untuk masyarakat yang memiliki keeterbatasan lahan. warga Kelurahan jerambah gantung memilih mengkombinasikan Ikan Nila dan sawi serta kangkung sebagai tanamanya” ujarnya
Warga Kelurahan jerambah gantung terlihat antusias saat sosialisasi. Hal ini terlihat dengan banyak nya pertanyaan yang di lontar kan selama sesi tanya jawab berlansung.
Acara dirasa warga makin menarik Ketika di adakan kuis, dimana orang yang mampu menjawab pertanyaan akan di berikan hadiah berupa sayuran Hidroponik.
Novita I.G Sitorus, salah satu mahasiswa KKN UBB Jerambah gantung berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memabah perekonimian masyarakat Kelurahan Jerambah gantung.
“ selama pandemic Covuid-19 memang banyak yang merasa kesulitan, saya berharap masyarakat Kelurahan Jerambah Gantung dapat memanfaat kan lahan rumah untuk kegiatan yumina bumina sehingga perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat dengan hasil panen ikan dan sayuran dari sistem Yumina Bumina.(*/BBR)
Sumber: Mahasiswa KKN UBB
Penulis Rida Anisa