Zuristyo : Babel Perlu Gedung Kesenian (2)

kasmirudin
Zuristyo : Babel Perlu Gedung Kesenian (2)
Calon anggota DPR RI nomor urut 1 dari Partai NasDem Dapil Babel, Zuristyo Firmadata saat bertemu dengan para seniman dan budayawan beberapa waktu lalu. (ist)

Selain gedung kesenian di ibu kota provinsi, pemerintah juga perlu menyiapkan ruang ekspresi seni di tingkat lebih kecil. Misalnya, dengan menyiapkan panggung budaya di tiap kecamatan atau kabupaten di Babel. Bekerja sama dengan dewan kesenian, panggung budaya itu dimanfaatkan untuk pertunjukan para seniman daerah. Ini menurutnya, sangat penting karena menjadi cikal bakal budaya Babel dan nasional.

“Kan semua kabupaten/kota di Babel punya semacam alun-alun, nanti disana dibuatkan panggung seni budaya. Dijadwalkan setiap malam libur ada pertunjukan seni oleh seniman setempat,” tutur Bang Tyo, yakin dengan pengelolaan yang sistematis akan melahirkan kesenian yang menarik.

Karenanya Ketua DPW Partai NasDem Babel ini berjanji jika terpilih mewakili rakyat Babel dalam pemilu 17 April mendatang, ia akan memperjuangkan anggaran untuk pembangunan gedung kesenian di Babel.

“Saya juga penggemar seni, ini komitmen saya untuk mewujudkan impian seniman dan budayawan kita punya tempat menunjukkan hasil karya mereka,” ucapnya.

Ia yakin dengan adanya ruang ekspresi seperti ini, seni budaya tradisional Babel akan terjaga lestari bahkan berkembang menyumbang kebudayaan nasional.

"Kesenian kita seperti tari Campak, Sepen, Sahang La Mirah, kesenian Rudat, Dambus dan lainnya bagus sekali, harus sering ditampilkan agar dikenal dunia," pungkasnya. (BBR)

 

Halaman sebelumnya 1


Penulis : Bang Tyo  
Editor   : Kasmir
Sumber : Babel Review